Friday, February 3, 2017

15 Objek Wisata Lombok yang Wajib Dikunjungi #10DaysinLombok

Hello ! Kali ini aku akan sharing pengalaman selama 10 hari di Lombok, NTT. Perjalanan kali ini bisa dibilang aji mumpung karena tujuan utama kesana adalah kerja! Meskipun di Lombok 10 hari, tapi yang beneran liburan hanya 2 hari di hari sabtu dan minggu saja. Jika kami pulang cepat, kami akan mampir 10-15 menitan ke tempat wisata yang kebetulan kami lewati.

Saat itu aku  OJT (on job training) di Divisi Fraud Investigation Unit Bank Danamon dan kebetulan ada kasus yang harus diinvestigasi disana. Jadi aku bersama 3 investigator lain (Bg Dedi, Bg Agus, Maria) mendapat surat tugas untuk investigasi kasus di Lombok. 


Thanks God, one of my dreams finally come true!
Dari dulu selalu berdoa supaya diberikan pekerjaan yang sejalan dengan hobby-ku yaitu Traveling dan Photograpy, dan mimpi itu akhirnya (sempat dan akan) terwujud! Hahaha. Kami termasuk beruntung karena diberi kesempatan OJT 3 bulan di salah satu divisi yang sangat tertutup dan penuh dengan kerahasiaan ini. 

Oke! aku ga akan bahas mengenai kasus fraud , OJT atau investigasi disini. Aku sudah tulis semua pengalaman OJT di Pengalaman OJT di FIU Danamon . Aku juga ga akan bahas biaya-biaya karna akupun tidak tau. Karena ini merupakan perjalanan dinas jadi tiket, hotel makan dll semua dibiayai oleh kantor

Rabu 11 Januari 2017Kami berangkat dari Jakarta dengan pesawat Batik air.

Kami mendarat di Bandara Internatioal Lombok Pada pukul 13.30 WITA, terdapat perbedaan waktu selama 1 jam antara Jakarta dengan Lombok. Cuaca saat itu sedikit mendung dengan suhu sekitar 30 derajat.

Welcome to Lombok, NTT !
Perjalanan dari Bandara menuju Hotel tempat kami menginap butuh waktu sekitar 1 jam. Kami menginap di hotel Santika Mataram selama 10 hari. Udara dan suasana di Lombok beda banget dengan Jakarta. Jalanan sepi, udara segar dan bebas macet! Akses jalan ke berbagai tempat juga sudah bagus. 
Bebas macet

Adem banget disini :')
Hotel Santika, Mataram
Hal yang paling menarik adalah, perjalanan dari kantor menuju hotel membutuhkan waktu sekitar 2 jam dan terdapat 2 jalur yang bisa dilalui yaitu jalur pantai atau jalur gunung, Jika cuaca bagus kami memilih jalur pantai dan jika cuaca kurang bagus kami akan lewat jalur gunung. menarik bukan? Ini benar-benar menarik!

Nah, ini dia jalur gunung 
Dan ini jalur pantai
Dalam tulisanku mengenai Lombok ini, akan dibagi menjadi 3 bagian yaitu #ObjekWisata, #WisataKuliner, dan #BudayaLombok. Oke ! kita mulai dari 15 Objek Wisata Lombok yang sempat aku kunjungi di Lombok. Banyak banget katanya cuma 2 hari?! Iya memang 2 hari. 

Jadi ceritanya selama di Lombok aku dan investigator lain harus mengunjungi 12 debitur untuk diinterview dan lokasi masing-masing debitur tersebar di Lombok Utara, Lombok Barat dan Lombok Selatan. Sehingga jika melewati objek wisata kami sempatkan berkunjung 10-15 menit sepulang dari kantor.

Pak Made, salah satu debitur yang kami kunjungi di Lombok Barat.

1. Pantai Sengigi
Jika kami memilih jalur pantai kami akan  melewati pantai Senggigi ini. Pantainya luar biasa baguuuus banget ! Di sekitar pantai ini banyak cafe-cafe yang biasa dikunjungi anak muda di akhir pekan.Banyak yang bilang bahwa pantai senggigi adalah pantai yang sangat indah bagaikan surga di dunia (haha, lebay).

Beautiful Sunset in Pantai Senggigi Lombok. No filter needed 
2. Pantai Ampenan
Pantai Ampenan hanya sekitar 15 menit dari hotel kami menginap. Waktu itu sepulang kantor cuaca sedang cerah dan kami menunggu sunset si pantai ini. Katanya pantai ini dulu sebagai pelabuhan yang menghubungkan Lombok- Bali dan  menjadi pusat perdagangan yang cukup ramai. 

Adakah yang mampu menikmati pergantian waktu meski itu menuju gelap? #SenjadiAmpenan

3. Kota Tua Ampenan
Sebelum ke Pantai Ampenan kami harus melewati  Kota Tua Ampenan ini.  Sepanjang jalan menuju ke pantai Ampenan banyak gedung arsitektur tua yang semakin menandakan kota tersebut adalah kota tua. Kota tua ini bagus banget buat lokasi hunting foto. Banyak juga yang jadikan kota tua ini sebagai lokasi photo prewed.

 Jadi pengen prewed disini.. #ehh
4. Hutan Lindung Pusuk
Hutan lindung pusuk dikenal sebagai tempat bercengkrama dengan moyet jinak di Lombok. Nah hutan ini akan selalu kami lewati jika kami memilih jalur gunung menuju ke kantor. Waktu itu sebelum ke kantor kami berhenti sebentar dan bermain bersama moyet jinak ini. Setiap kali kami lewat, tempat ini jarang sepi, selalu ada banyak bule-bule yang berkunjung kesini. 

Bule nya ganteng juga, wkwk

 5. Masjid Islamic Center, Lombok
Di Mataram ada Masjid yang baguus banget! Namanya Masjid Islamic Center. Masjid ini merupakan Masjid terbesar di Lombok. Pada malam hari masjid ini akan berubah-ubah warnanya seperti Monas di Jakarta, banguus banget. Masjid ini berfungsi sebagai pusat kebudayaan, wisata religi, pasar seni dan aktivitas religius lainnya.


Islamic Center Lombok from Hotel Santika


6. Rumah Pohon Gangga Lombok Utara
Nah kalo yang ini juga sebenarnya aji mumpung. Jadi waktu itu kami berkunjung di salah satu debitur di Lombok Utara yang rumahnya hanya sekitar 10 menit dari rumah pohon ini. Dan kebetulan juga anak dari debitur ini seorang tour guide yang sering membawa turis kesana, jadilah kami singgah sebentar. 


Always do remember to have safety travel, rite?
Cukup membayar 30K untuk satu mobil kami bisa menikmati view yang indaaaah banget! Lanskap nya baguss banget dengan hamparan warna hijau dari rerimbunan pohon, bebukitan yang masih hijau serta persawahan desa Genggelang. 

Thanks God I'm here


7. Pantai Tanjung
Nah kalo yang ini sebenarnya akupun ga tau nama pantainya apa. Jaraknya hanya 10 menit hari kantorku di Tanjung, Lombok. Waktu itu selesai visit debitur aku dan bg Agus berhenti sebentar disini untuk hunting foto karena langitnya lagi cerah banget. Lombok ini memang dimana-mana isinya pantai. yang suka pantai harus ke Lombok, dijamin puaaas banget!

Langit, Laut dan Darat (taken by bg Agus)
8. Taman Narmada
Taman Narmada merupakan salah satu taman terbesar di Nusa Tenggara Barat yang terletak sekitar 11 kilo meter sebelah timur kota Mataram. Katanya Taman ini menyerupai Gunung Rinjani dan Danau Segara Anak. Dulu Sang Raja sudah terlalu tua untuk melakukan ritual  ke puncak Gunung Rinjani yang memiliki ketinggian 3.726 meter, beliau memerintahkan seluruh arsitek kerajaan untuk membawa nuansa Gunung Rinjani ke tengah pusat kota dan menjadikan taman Narmada sebagai miniatur Gunung Rinjani. 
Yang dibelakang itu adalah salah satu kediaman sang Raja
Pura Narmada
9. Bayan, Lombok Utara
Bayan merupakan perbatasan antara Lombok Utara dan Lombok Timur dan baru berdiri pada tahun 2008. Dari tempat ini kita bisa melihat gunung Rinjani dengan jelas. Tapi sayangnya 3 kali lewat Bayan, 3 kali nya juga ga dapat view Rinjani. Kata warga setempat gunung Rinjani ini memang suka malu-malu sembunyi di balik awan, hmm. Nanti harus kesini lagi buat naik gunungnya, Aminn.

Gunung Rinjani yang tertutup awan
10. Gili Terawangan
Cerita lengkap mengenai Gili Terawangan akan aku tulis secara terpisah dari tulisan ini. Kami berkunjung ke Gili sewaktu libur di hari sabtu. Gili terawangan itu bangus banget! Disana disediakan jasa sewa sepeda untuk keliling pulau dengan sepeda tersebut. Katanya kalo malam hari Gili ini akan terlihat seperti di luar negri!  banyak bar dan dimana-mana ada bule, sayangnya kami ga nginap waktu itu. hmm..

ke Gili belum sah kalo belum foto disini

11. Bukit Nipah
Sepulang dari Gili Terawangan pada hari Sabtu rencananya kami ingin menikmati sunset di tempat ini, tapi sayangnya kabut tebal pun menyapa. Bukit Nipah masuk daerah administrasi Kabupaten Lombok Utara, tepatnya masuk di Desa Nipah, Kecamatan Melaka, Kabupaten Lombok Utara. Yang berbeda dari tempat biasanya, bukit nipah menawarkan pesona pemandangan matahari tenggelam. Ya, setiap sore tempat ini akan sesak dikunjungi wisatawan lokal dan mancanegara.

sunsetnya tetutup awan hiks

12. Pantai Kuta Lombok
Kami ke bagian selatan lombok di Hari minggu saat libur.  Keunikan dari Pantai Kuta Lombok adalah butiran-butiran pasirnya relatif besar dan berbentuk seperti merica yang tidak terdapat di pantai-pantai lainnya. Sehingga saat berjalan menyusuri pinggir pantai tanpa alas kaki maka kita akan merasakan sensasi yang berbeda. Pantai ini juga terkenal akan tempat berselancar, banyak wisatawan atau peselancar yang mencoba ombak di pantai ini.

sea you soon, Lombok
13. Sasaku
Sepulang dari Pantai Kuta kami mengunjungi salah satu toko Souvenir yang terkenal di Lombok yaitu Sasaku. Lombok Sasaku menjual berbagai desain kaos untuk pria, pakaian untuk wanita (kaos dan rok), souvenir, dan oleh-oleh makanan khas Lombok. Sasaku sama seperti Joger-nya Bali. Sasaku ini berjarang 4Km dari hotel tempat kami menginap. Katanya kaos di Sasaku ini dibuat dengan tangan manusia (handmade) dan bukan sablon. Harga kaos disini sekitar 80rb-an dengan desain yang bagus-bagus.

Hasil gambar untuk sasaku lombok
dipilih dipilih :D
14Desa Sade, wisata Budaya Lombok
Tempat ini searah dengan jalan menuju Kuta Lombok kami berkunjung pada hari minggu sebelum ke pantai Kuta. Disini banyak belajar budaya lombok yang akan aku ceritakan dalam #sukubudaya Lombok.
Gadis Desa Sade
15. Cakranegara
Cakranegara adalah pasar terbesar di Lombok. di tempat ini merupakan pusat perdagangan Lombok. Selain di Sasaku kita juga bisa beli oleh-oleh di pasar ini. 

Pasar adalah tempat terjadinya penawaran dan permintaan #anakekonomi

Oke, done! Itu dia 15 tempat yang aku kunjuni selama 10 hari di Lombok. Sesungguhnya masih banyaaak banget yang belum dieksplor di Lombok ini! Menurutku Lombok ini lebih asik jika dikunjungi bersama pasangan hahaha :p Setelah ini baca juga tulis mengenai makanan lombok di #WisataKuliner  dan yang ketiga tentang  #SukudanBudaya


Thankyou for Reading :)

Evi Sembiring

0 komentar:

Post a Comment