Wednesday, February 1, 2017

Pengalaman OJT di Fraud Investigation Unit Danamon


Masih inget banget waktu pertama kali Ibu Irene membacakan tempat OJT masing-masing  peserta DDP (Danamon Development Program). Percaya ga percaya ditempatkan di FIU-SKAI ( Fraud Investigation Unit – Satuan Kerta Audit Internal) !  Sama sekali ga kepikiran dan ga ada minat juga juga (waktu itu) untuk masuk FIU! Secara divisi ini yang paling keras, ditakuti, berhubungan dengan fraudster dan isinya laki-laki semua! 

Maria juga sama,  "Gimana nih Vi gue takut, blum siap kalo harus periksa orang. Dulu pengen banget masuk FIU tapi kok sekarang gue takut ya, takut diancam gitu Vi". Saat itu aku cuma menjawab " Udah Mar kita jalanin aja! Skarang gue malah penasaran banget, apa ya maksud Tuhan tempatkan kita di FIU-SKAI? Udahlah kita jalanin dan nikmatin aja”

Tiga bulan akhirnya berjalan dengan lancar! Banyak banget pelajaran yang kita dapat selama OJT disini. Kita termasuk beruntung karna belum pernah ada MT yang dibolehkan OJT di FIU-SKAI. Secara FIU ini butuh orang-orang yg kuat (fisik dan mental) dan harus menguasai banyak hal dan penuh dengan rahasia perusahaan!

Bersama tim FIU Danamon yang isinya laki-laki semua! hahaha
Ada banyak banget pelajaran baru yang aku dapat selama tiga bulan ini. Orang-orang FIU yang kami biasa panggil "Bang" juga ga pelit ilmu. Apapun yang kami tanyakan selalu dijawab dengan total. 
Beberapa hal baru yang aku dapatkan selama OJT di FIU-SKAI yaitu:
  • Aku belajar alur menginvestigasi mulai dari laporan masuk, verifikasi laporan, investigasi lapang sampai pembuatan Laporan Hasil Investigasi (LHI). 
  •  Selama OJT sudah ada sekitar 5 kasus fraud yang ikut aku investigasi mulai dari kasus kecil, operasional, kredit sampai kasus yang kompleks dengan potensial loss yang besar.
  • Aku juga belajar cara interview suspect. Awalnya takut banget, tapi setelah menginterview sekitar 5 oarng suspect akhirnya terbiasa dan berani juga.
  • Belajar membuat BAP (Berita Acara Pemeriksaan) untuk mendapatkan informasi yang kita butuhkan beserta tips dan trick agar yang kita interview mau mengakui perbuatannya.
  • Bagian yang paling aku suka, belajar menganalisis aliran dana nasabah. Bagian ini yg paling seru! Kita bisa melihat aliran uang dari satu rekeing ke rekeing lain untuk menghindari deteksi pencucian uang.
  • Menyelesaikan dua project DIAR ( Daily Investigation Activity Report) dan FIAR (Final Investigation Activity Result) untuk laporan investigator.
  • Dan masih banyaaak lagi!


Selfie bersama Head FIU Danamon, Bapak Chaerul J Huwae (aka Pak Ruli)
Menurutku bekerja di divisi ini sangat menyenangkan! Tapi sayangnya tahun ini belum aja posisi yang kosong di divisi  ini. Ada beberapa hal yang membuatku ingin masuk di FIU-SKAI ini :

  • Kerjanya ga monoton! Aku suka banget sama cara kerja FIU-SKAI ini. Setiap kasus yang masuk berbeda penanganannya dengan kasus yang lain. Kita jadi makin kreatif dalam berfikir dan pastinya akan belajar banyak hal tentang perbankan.
  • Sejalan dengan hobiku! Bekerja di FIU ini akan sering keluar kota, lumayan bisa sekalian jalan-jalan dan hunting foto (hehe) . Misalnya waktu aku ikut investigasi ke Lombok selama 10 hari. Meskipun 8 harinya bekerja tapi ada waktu 2 hari untuk jalan-jalan, lumayan kan bisa jalan-jalan gratis?hehe
  • Berhubungan dengan banyak divisi! Misalkan waktu aku ikut menginvestigasi salah satu kasus terkait polis asuransi, aku berhubungan dengan divisi Bisnis, Cabang, dan Pihak Asuransi yang pastinya akan menambah networking juga.
  •  Ditakuti dan Disegani! Tidak bisa dipungkiri, setiap investigator masuk ke salah satu divisi orang-orang pasti akan takut dan segan. Ini menarik karena kita tidak perlu sok manis dengan orang lain.
  •  No limit akses! Hanya di divisi ini kita bisa akses kemanapun tanpa batas. Misalkan sewaktu melihat mutasi payroll karyawan, padahal payroll termasuk yang tidak boleh diakses, tapi di FIU ini bisa!
  • Dan yang terpenting selalu pulang teng-go dan banyak makanan! Yang unik disini justru yang lembur yang akan dibully, haha. Karna memang investigator banyak bekerja saat diluar kota. Misalkan waktu aku di Lombok pulang selalu jam 9 – 10 malam. Makanan juga selalu ada (ga selalu juga sih), tapi akan ada jika ada yang baru pulang dari luar kota.
  • Suka banget sama view meja kerjaku ! Setiap hari aku bisa menikmati langit biru, foto pemandangan, menikmati hujan dan melihat kemacetan sambil menikmati kopi saat aku mengantuk. Huaa, suddenly I miss that place !



Foto Evillya Sembiring Kembaren.


Yap! Itu dia sepenggal cerita OJT ku, terimakasih sudah membaca sejauh ini :) hehe. Sekarang pertanyaan “apa ya maksud Tuhan tempatkan aku disini?” terjawab sudah! Aku belajar banyaaaak hal dan dapat banyak pengalaman tentang investigasi.

Setelah ini akan dilanjut dengan OJT ke dua di QAR-SKAI (Quality Assurance Riview) yang tugasnya mereview kinerja Auditor Internal dan berhubungan dengan Audit Ekternal.
It’s gonna be fun! Huha!! 

0 komentar:

Post a Comment