Wednesday, December 13, 2017

Pengalaman Tes Kerja , Pendidikan MT, Final Debrief hingga Penempatan Danamon Development Program 2016

Hallo semua! kurang lebih 2 tahun lalu saat masa-masa aku sedang mencari pekerjaan aku suka sekali membaca pengalaman-pengalaman orang tentang tes kerja di perusahaan yang sedang aku lamar. Dari sana aku mendapatkan banyak sekali masukan dan tips-tips dari penulis terkait tes kerja. Aku jadi punya gambaran akan perusahaan yang aku lamar dan bisa menjadi bekal sebelum berperang.
 
Sebelumnya aku sempat menulis pengalaman OJT di divisi Fraud Investigation Danamon. Dari tulisan itu beberapa pembaca menghungungi aku dan bertanya terkait program MT di Danamon. Sampai pada akhirnya aku memutuskan untuk membuat tulisan ini,  mengenai pengalaman pribadi bekerja sebagai MT Danamon.

Dalam tulisan ini aku akan ceritakan semua mulai dari tes kerja, OJT, Ujian akhir hingga penempatan kerja. Dan harapannya pengalaman ini bisa bermanfaat bagi pembaca.
 
Aku mendapat info lowongan kerja di Bank Danamon waktu itu dari Job Fair di Sabuga ITB. Disana dibagikan brosur berisi persyaratan MT atau disebut DDP (Danamon Divelopment Program) Danamon dan berkas-berkas yang diperlukan. Pendaftaran DDP Danamon melalui website Danamon.

Oiya hati-hati terhadap penipuan ya guys, karena ada beberapa lowongan mengatasnamakan bank Danamon padahal lowongan itu sebenernya tidak ada. Karna itu sebelum tes kerja selalu pastikan kebenaran lowongan tersebut ke website perusahaan.

MT di danamon berbeda dengan MT di Bank lain. MT di bank ini langsung sesuai dengan divisi yang akan kita tempati. Karena itu penamaannya pun berbeda-beda. Ada DDP - Operation, DDP - Internal Audit, Danamon Banker Trainee, dll. Untuk aku sendiri memilih posisi DDP - Internal Audit.

Oke begitulah kira2 kambaran MT di Danamon. Sekarang langsung saja kita mulai ya:

Tahap-tahap seleksi

1.      Administrasi Berkas

Pada tahap ini kita harus mengisi data diri di website Danamon. Menurut cerita dari HRD daftar peserta yang mendaftar waktu itu sampai ribuan orang. Karena begitu banyak yang mendaftar pengumumannya pun bertahap menjadi 2 kali. Yang masing-masing gelombag kurang lebih 150 orang. Aku sendiri dipanggil pada gelombang ke 2.

2.      Tes Psikotes

Seperti yang aku sampaikan sebelumnya, yang dipanggil dalam tes ini sekitar 150 orang per gelombang. Sebelum memulai tes psikotes, pihak Danamon menjelaskan terlebih dahulu mengenai program MT, gambaran pekerjaan, ikantan dinas dan  jenjang karir yang akan kita dapat. Ternyata yang akan diambil adalah 20 untuk DDP Operation dan 15 untuk DDP internal audit.

Tesnya seperti biasa lah. Ga jauh beda dari tes perusahaan lain , gambarannya yang pasti tes verbal, numerik dan gambar. Tips melewati tes tulis itu yang paling utama adalah Fokus, caranya? Cukup istirahat dan jangan lupa sarapan. Sistem dari tes ini adalah sistem gugur. Dari 150 orang yang diambil kurang lebih setengahnya. Puji Tuhan lolos dan lanjut ke tahap berikutnya.

3.      Focus Group Discussion (FGD)

Peserta yang lolos psikotes langsung lanjut ke tes FGD pada hari yang sama setelah makan siang . Kita dibagi sekitar 6 orang per kelompok dan diberikan case untuk dipecahkan bersama. Jujur aku sendiri lupa case yang harus kami selesaikan waktu ini, kalau tidak salah tentang memilih kandidit yang pantas diberikan award untuk jalan-jalan keluar negeri.

Saat FGD pastikan perperan aktif tapi tidak mendominasi. Selalu hargai pendapat orang lain dan akui setuju jika memang setuju. Berikan argumen yang dilandasi dengan alasan yang jelas. Jika peserta lain tidak dapat menerima pendapat kita itu bukanlah masalah. Yang dilihat disini bagaimana kita berperan aktif dalam suatu diskusi.

Hal ini selalu aku terapkan saat tes FGD, aku bukan orang yang pintar memberi pendapat tapi puji Tuhan selalu bisa melewati tes FGD.

Akhirnya seteleh selesai FGD kita semua harus menunggu pengumuman. Dan akhirnya 3 diantara kita lolos untuk tahap interview HRD keesokan harinya.

4.      Interview HRD

Keesokan harinya dilanjut dengan interview HRD. Disini yang ditanya lebih ke personal dan pengalaman-pengalaman sebelumnya. HRD Danamon baik-baik banget, ga bikin tegang interviewnya juga santai. Aku diinterview panel oleh 3 orang yang terdiri dari Divisi  HRD,  Internal Audit dan dari Operation.

Beberapa pertanyaan yang dilontarkan adalah sbb: 
- Ceritakan tentang diri anda?
- Apa saja prestasimu? 
- Organisasi apa yang diikuti saat kuliah?
- Apa kendala kendala dalam pekerjaan sebelumnya dan bagimana cara mengatasinya?
- Mana yang kamu pilih DDP Audit atau DDP Operation? Aku pilih DDP Audit 
- Ceritakan tentang hobby, minat dan harapan kamu kedepannya?
- Ceritakan tentang keluarga Anda?
- Berapa gaji yang Anda harapkan?
- Aktifitas selain bekerja apa saya? Nah kebetulan aku kan sambil jualan pop up (ig @zilleproject) pertanyaan ini jadinya panjang. Aku ditanyain mengenai penghasilan, cara membuat pop up bahkan minta diliatin ig olshop aku, haha kocak. 
Dan serta pertanyaan lainnya.

Akhirnya interview HDR selesai. Pengumuman kelulusan baru dikabari seminggu kemudian bersamaan dengan jadwal interview akhir. Puji Tuhan aku lolos

5.      Interview User

Lanjut ke tahap selanjutnya yaitu interview user. Pada tahap ini peserta dari semua gelombang akhirnya digabung. Peserta diinterview oleh 2 orang yang posisinya sebagai Group Head atau satu level dibawah direktur. Pertanyaan disini lebih banyak ke personal, motivasi  dll dengan menggunakan bahasa inggris.

Jujur selesai interview aku sangat pesimis. Tidak seperti interview biasanya, kali ini aku sangat nervous. Aku pasrah dan yakin tidak akan lolos.

Akhirnya satu minggu berlalu aku belum dipanggil juga. Memasuki minggu kedua teman sekelasku akhirnya dipanggil. Saat itu aku sangat sedih, ini bukan kali pertama aku gagal di interview akhir. Tapi aku berusaha sabar dan percaya mungkin belum rejeki.

Memasuki minggu ketiga, tiba-tiba aku melihat ada miss call di HP ku dari nomor telpon yang sama dengan pengumuman lolos interview HRD. Tiba-tiba tanganku gemetaran aku berdoa pada Tuhan semoga ini kabar baik.

Akhirnya, satu jam kemudian nomor itu menelpon lagi 
" Hallo Selamat Siang, dengan Evi?"
" iya Mba" jawabku
" Selamat Evi kamu lolos tahap interview user, dan selanjutnya kamu tes medcek di hari senin ya?"
*aku terdiam* 
" kamu masih mau lanjut kan?" 
" iya mau mau mba, makasi banyak ya Mba"

Jujur, itu adalah saat saat paling bahagia dalam hidupku, kebahagiaanku saat itu tidak dapat kuungkapkan dengan kata-kata. Aku hanya bisa menangis dan berkata " Terimakasih Tuhan, Engkau sungguh baik, terimakasih Tuhan" Rasanya seperti mujizat, disaat aku yakin tidak akan lolos disitu pula Tuhan menolong aku.

6.      Medical Check Up

Medical check up dilakukan di Prodia. Aku tidak akan bercerita panjang disini karena medcek nya sama seperti medcek pada umumnya, mulai dari darah, telinga, mata, dll.

Menunggu pengumuman medcek juga sedikit lama sekitar 1 minggu. Akhirnya sore hari aku ditelpon dan dinyatakan lolos. Ternyata ada beberapa orang yang tidak lolos tahap ini. Sampai akhirnya tersisa 15 orang yang lolos DDP Internal Audit.

7.  Penandatanganan Offering Letter

Pada tanggal 23 Juli 2016, kami dikumpulkan dalam satu ruangan di Menara Bank Danamon. Disana disampaikan mengenai program DDP secara keseluruhan. Kami akan menjalani pendidikan selama 9 bulan lalu diangkat sebagai pegawai tetap dengan ikatan dinas selama 2 tahun.

Setelah lolos program 9 bulan kita akan diwisuda dan diangkat menjadi pegawai tetap dengan posisi setara Asisten Manager dan ditempatkan di divisi Internal Auditor. Gaji yang ditawarkan juga lebih dari cukup untuk ukuran fresh grad. Demikian sampai akhirnya kami menjalani pendidikan DDP Danamon 

Bersambung...


5 comments:

  1. kak mau tanya, untuk proses FGD-interview pakai bahasa inggris smua untuk pertanyaan dan kita yg menjawab diharuskan juga pakai bhsa inggris?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo.. Kebetulan aku jg dpt email invitation Dari danamon senin 29 Juli nnti, aku jg penasaran gmn seleksiny nnti full English atau England..
      Tpi au domisili Medan jd galau utk dateng ke jkt apa egga

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. This comment has been removed by the author.

      Delete