Wednesday, September 2, 2015

Pengalaman Interview Kerja Pertama di Bank OCBC

Sekitar 3 minggu yang lalu Saya menerima panggilan interview user di Bank OCBC NISP untuk posisi Banking Academy for Commercial Business. Jujur, Saya tidak tahu tentang Job Desk posisi itu karna masih baru di dunia pekerjaan.  Saat itu Saya melamar melalui Job fair di GBK.

Saya mencoba searching di google mengenai Job Desk pekerjaannya, ternyata ini merupakan bagian dari Bisnis Perbankan yang tugasnya kurang lebih seperti marketing. Kebetulan Saya memang tertarik di dunia marketing jadi Saya putuskan untuk mencoba mengikuti wawancara ini. Sedikit deg-deg an karena ini merupakan wawancara kerja pertama bagi Saya setelah lulus kuliah.

Beberapa hari sebelum berangkat interview Saya bertanya ke beberapa teman dan senior Saya  pendapat mereka tentang pekerjaan ini. Menurut mereka pada pekerjaannya nanti akan ditarget untuk mencari nasabah Lending dan Funding. Sebenernya mereka menyarankan Saya untuk tidak ikut interview ini karena akan ditarget tinggi pada saat pekerjaannya nanti. Namun karena saya penasaran dan ingin mencoba interview pertama Saya, jadi Saya putuskan untuk tetap ikut interview.
Hari-H. Jadwal Saya mengikuti wawancara adalah tanggal 20 Agustus 2015 jam 9 WIB di Bank OCBS NISP  Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 25, Jakarta Selatan. Kalau dari Bogor, caranya naik KRL dan turun di Tebet lalu naik angkot 44. Namun karena saat itu Saya berangkat dari Bogor jam 6 pagi, dan baru sampai di stasiun Tebet sekitar jam 08.30 Saya putuskan naik ojek dengan ongkos 20rb.

*Sampailah di Bank OCBC NISP*

*Lapor tamu lalu naik ke lantai 5*

Ketika konfirmasi, Saya melihat daftar nama yang akan diwawancara jumlahnya ada 10 orang dan background mereka kebanyakan lulusan ITB, UI dan kampus terkenal lainnya. Selain itu penampilan mereka sangat meyakinkan terlihat dari cara berjalan dan berpakain mereka. Ini adalah wawancara kerja pertama Saya dan saat itu juga nyali Saya langsung menciut !! Tiba-tiba Saya takut, nervous, minder,semua pikiran buruk tiba-tiba muncul di kepala Saya.

*10 menit kemudian Saya pun dipanggil* yang pertama pula !!
Saat masuk ke ruangan Saya diinterview oleh HRD dan Manager di OCBC.

Pertanyaan pertama " Coba deskripsikan diri Anda?"

Karena Saya sangat sangat nervous dan takut Saya hanya  menjawab Nama, Kampus dan Jurusan lalu diam. Sebenarnya Saya sudah belajar bagaimana  cara menjawab pertanyaan ini tapi semua blank dan hilang. Saya bingung harus jawab apa "Lagi dong, saya kasi kamu waktu 2 menit untuk menceritakan tentang dirimu.." Saya semakin takut dan bingung harus jawab apa. Padahal pertanyaannya hanya sesimpel itu !!

Dari raut wajah Bapak  keliatan sekali dia merasa kurang puas dengan jawaban Saya.

Saya jadi semakin panik. Lalu dia tanya lagi, Saya jawab makin ga nyampung.  Mukanya berubah jadi muka kesal dan kepanikan saya makin bertambah.

astaga ini gimanaaa :(

Akhirnya wawancara selesai dalam 10 menit, cepet banget  !!

Saya pun langsung pulang ke Bogor dan sepanjang jalan kepikiran akan wawancara itu. Sungguh pengalaman wawancara pertama yang tidak akan terlupakan !!! Setelah itu Saya bertekad untuk lebih prepare lagi sebelum wawancara  kerja.


Saat ini Saya diterima bekerja sebagai MT di salah satu Bank Swasta nasional setelah beberapa kali mengikuti wawancara kerja. Tips wawancara dari Saya adalah:
  • Tampilah semenarik dan serapi mungkin ! Tunjukkan bahwa kita siap bekerja.
  • Datanglah tepat waktu ! Lebih baik kepagian daripada terlambat
  • Jangan lupa untuk berkenalan dengan peserta lain. Manfaatkan moment mencari kerja dengan menambah link sebanyak mungkin.
  • Tetaplah tenang dan percaya diri yakinlah akan potensi dirimu !!
Good Luck !!

5 comments:

  1. Hi Dear,

    Aku br dapat panggilan disana juga nih. Kamu akhirnya ambil tawaran yg dimana? Kalau boleh, bagi email kamu dong pengen tanya2 dikit :)

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks for sharing your experience. It was very beneficial for others who is looking for job as freshgraduate one.

      Delete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. :) Just a First step in your life after graduation, i think its normal hehehe

    ReplyDelete