Saturday, October 8, 2016

Pahawang Island, Lampung

Hallo guys ! kali ini aku akan cerita tentang pengalanku ikut open trip ke Pulau Pahawang, Lampung. Pulau Pahawang merupakan sebuah pulau yang terletak di Kecamatan Punduh Padada, Kabupaten Pasawaran, Lampung Selatan. Pulau ini terbagi menjadi dua yakni Pulau Pahawang Besar dan Pulau Pahawang Kecil. Kalau penasaran di mana letak Pulau Pahawang, berikut aku copy petanya dari Google Maps.

Peta Pahawang
Peta Pulau Pahawang
Jadi pada tanggal 7-9 Juli yang lalu aku ikut open trip bersama 30 temanku yang sesama Permata juga (sebutan untuk muda mudi gereja GBKP). Perjalanan kali ini dipandu oleh travel @winesiatrip (langsung cek aja IG nya) dengan biasa yang cukup murah yaitu 600rb ! sudah termasuk biaya transportasi mulai dari Pelabuhan Merak - Pelabuhan Bakauheni - Pahawang - Pelabuhan Merak , biaya makan 6-7 kali, alat snorkeling, dokumentasi dan biaya penginapan.

Meeting point open trip ini adalah di Pelabuhan Merak, namun kami peserta open trip berkumpul di stasiun Duri untuk bersama-sama ke Pelabuhan Merak. Sebetulnya waktu kumpul di Merak sesuai itinerary adalah pukul 21.00-23.30, tapi karena takut terlambat kami memutuskan kumpul di Duri pukul 14.00. Perjalanan Duri -Merak memakan waktu sekitar 3 jam dengan harga tiket 8rb. Akhirnya sekitar pukul 18.00 sampailah di Pelabuhan Merak. Berhubung makan malam tidak termasuk dalam trip ini, sebaiknya bawa bekal makan malam karena di Pelabuhan ini harga makanannya cukup mahal. (hehe)

Sampailah di Pelabuhan Merak ! Selanjutnya pada pukul 21.30 kami bersiap-siap untuk naik ke  Kapal Feri menuju ke Lampung.

We are ready !!
Setelah kira-kira 2.5 jam atau sekitar jam 12 malam sampailah kami di Palabuhan Bakauheni, Lampung. Perjalanan selanjutnya adalah menuju Pelabuhan Ketapang, Kabupaten Pesawaran. Perjalanan dari Bakauheni menuju Ketapang memakan waktu sekitar 3 jam. Sopir kami waktu itu termasuk salah satu yang ngebut dan kami sampai di Ketapang sekitar pukul 2.45 pagi. Di Ketapang, kami beristirahat sambil menunggu matahari terbit !

Pelabuhan Ketapang

Di Ketapang, kami beristirahat untuk sarapan dan persiapan untuk snorkeling (bagi-bagi alat dan ganti baju). Jadi ceritanya, sambil menyeberang menuju Pulau Pahawang menggunakan perahu motor, kami akan diajak mampir untuk snorkeling di beberapa titik yang telah ditentukan. Di Pahawang ini banyak sekali pulai-pulau kecil. Ada sekitar 4 pulai yang kami kunjungi dan sekitar 4 spot snorkeling yang sangat indah.

1. Pulau Kelagihan TNI AL Lampung

Pulau pertama yang kami kunjungi adalah Pulau Kelagihan TNI AL Lampung. yang paling aku sukai dari pulau ini adalah pasirnya yang supeeeeer lembut dan putih ditambah air laut yang biru dan jernih. Kami termasuk beruntung, karena meskipun hari libur kebetulan pulau ini sepi pengunjung. Mungkin karena sedang merayakan lebaran di rumah masing-masing hehe

Setelah asik berfoto-foto di pulau ini selanjutnya kami melanjutkan perjalanan menuju tempat snorkeling di tengah laut. Bagian yang paling aku tunggu tunggu!!! snorkeling time yeaaay !!!

it's time to snorkeling !!
Welcome to Kelapa Khebah Sandbar Pahawang !
Taman Laut Pahawang !!
Finding Nemoooooo !!
2.  Pulau Kedua
Masih di hari pertama. Setelah puas ber-snorkeling di 2 spot , selanjutnya kami melanjutkan perjalanan menuju pulau kedua. Yang paling aku sukai dari pulau ini adalah banyaknya pohon-pohon dan bukit yang indah. Menurutku pulau ini bagus banget karna mirip seperti Bali. Selain itu banyak spot foto yang bagus di pulau ini.
my treveling team !!
Pahawang rasa Bali

Setelah puas seharian bersnorkeling di bawah laut dan bermain bersama ikan-ikan (hehe) sekitar jam 5 kami kembali ke penginapan untuk beristirahat. Dan inilah beberapa foto selama perjalanan di kapal menuju tempat penginapan.

Sunset di Pahawang

3. Pulau (Tempat Meningap)

Akhirnya sampailah di pulau tempat kami menginap . setelah lelah seharian kamipun istirahat untuk mengumpulkan tenaga untuk persiapan snorkeling keesokan harinya. Thanks God I'm here ! pagi kami disambut dengan sunset yg indah dan matahari pagi yang hangat. Sambil menikmati sarapan pagi, inilah pemandangan di depan kami..

Sunrise !
Morning !
isi tenaga dulu (hehe)
(Hari ke-2) Setelah makan, kamipun packing dan bersiap-siap untuk perjalanan selanjutnya.  Nanti sore kami akan kembali ke Jakarta, karna itu kami akan menyebarang lagi ke ke Pelabuhan Ketapang (lihat peta. Namun sebelumnya kami akan mengunjungi satu pulau terakhir dan bersnorkling lagi di 2 tempat.

4. Pulau Kelagihan Lunik

Pulau Pahawang menyimpan banyak keindahan. Pemandangan yang indah, bukit pepohonan yang hijau, pasir pantai yang berwarna putih, air laut yang jernih dan segar dapat dinikmati di pulau ini.

Lanjut snorkeling lagi

Video ini adalah rekaman perjalanan kami bersama 25 teman lainnya yang ikut open trip ke pulau ini. Pahawang adalah pilihan tepat bagi yang suka bersnorkeling karna ada banyak spot underwater yang indah yang dapat dinikmati.

Happy Watching!!
Jangan lupa like dan comment yaa 👋👋

Thank you Pahawang, Lampung !!