Tuesday, December 30, 2014

KKP Sukabumi , Beasiswa KSE dan Zille Project


Kali ini aku mau menulis  tentang berkat Tuhan yang kurasakan akhir-akhir ini. Semua berawal dari kegiatan Kuliah Kerja Profesi ( KKP) IPB di desa Hegarmanah Sukabumi yang dilaksanakan selama 2 bulan yaitu Agustus-September 2014. Aku sangat bersyukur kepada Tuhan karna aku dipertemukan dengan orang-orang yang baik  yaitu Cesar, Deni , Iis , Yulia, Riana dan Syfa.


 Sebelum berangkat KKP aku melamar salah satu beasiswa di kampusku yaitu beasiswa Karya Salemba Empat atau KSE. Terdapat 3 tahap untuk mendapatkan beasiswa ini yaitu seleksi berkas, wawancara di IPB dan wawancara di pusat bersama donatur. Beasiswa KSE ini merupakan beasiswa yang tidak hanya memberi kita uang saku tapi juga pelatihan. Donaturnya juga orang-orang hebat dari berbagai perusahaan-perusahaan terkenal di Indonesia. Karna itu banyak orang termasuk aku sangat tertarik dan berharap bisa lolos dalam seleksi beasiswa ini.

Tahap administrasi kulalui dengan lancar dan aku lolos untuk tahap selanjutnya untuk wawancara. Poin yang dinilai dalam tahap administrasi lebih kepada IPK dan Pengalaman Organisasi. Tahap wawancara 1 aku sedikit takut namun optimis. Setelah menunggu beberapa hari Puji Tuhan aku lulus dan berhak mengikuti tahap selanjutnya. Tahap terakhir adalah tahap wawancara  bersama donatur di Jakarta. Wawancara ini bertepatan dengan kegiatan KKP sehingga aku harus berangkat dari Sukabumi untuk wawancara ke Jakarta.
"Penuh perjuangan sampai aku selesai wawancara di Jakarta. Mulai dari keuangan yang kurang, panas-panasan di Jakarta sampai rasa takut kalau-kalau aku tidak diterima"
Keesokan harinya setelah wawancara, aku langsung kembali ke Sukabumi dan melanjutkan KKP. Dua bulan berlalu dan KKP selesai. Kami kembali ke Bogor untuk melanjutkan kuliah.

 

Aku menunggu-nunggu hasil akhir wawancaraku, sampai akhirnya pengumuman keluar daaaaaan
  
AKU GAGAL ! 

 aku sangat kecewaa !  Bahkan aku sempat berfikir bahwa Tuhan tidak adil. Namun akhirnya dalam hati aku berkata " Mungkin belum rejeki, sekarang aku harus cari cara agar aku punya pengasilan. Setidaknya uang bulananku bisa lepas dari orangtuaku dan mereka bisa fokus membiayai adik-adiku. Aku harus Kerja. 

"Aku harus berusaha !! "

Aku mulai cari-cari kerjaan paruh waktu. Tidak ada hasil. Sampai akhirnya aku buka-buka youtube dan cari usaha apa yang bisa aku kerjakan. Aku belajar photoshop dari youtobe, belajar cara membuat hard cover dan akhirnya aku bisa membuat Pop Up Card. Pada awalnya aku sangat takut bisnisku ini gagal karna sudah 2 hari sejak aku promosi belum ada orderan. Sampai pada akhirnya ada teman yang memesan Pop Upku.
"Aku mulai serius dan bersemangat. Dan kini hasil handmade ku telah tersebar di beberapa kota di Indonesia"


Nama usahaku adalah Zilleproject. Ya.. bisnis ini masih sangat jauh dari kata sukses, tapi aku bersyukur, sampai pada akhirnya aku memperoleh keuntungan melebihi beasiswa yang seharusnya aku terima setiap bulannya. dan kini aku bisa meringankan sedikit bebam orangtuaku. 

"Beberapa bulan setelah itu aku mendapatkan email dari KSE yang menyatakan bahwa aku lolos dan diterima  menerima beasiswa KSE"
 Aku bercaya ini bukan kebetulan. Kalau saja aku langsung "diluluskan" dalam beasiswa itu mungkin itu saja tidak akan cukup memenuhi kebutuhanku. Sekarang aku punya usaha sendiri ditambah beasiswa. Aku percaya ini semua berkat Tuhan. Pelajaran yang kudapatkan dari semua ini adalah bahwa setiap kejadian dalam hidup ini tidak ada yang lepas dari campur tangan Tuhan. Meskipun itu penderitaan , kesusahan semua berasal dari Tuhan yang tujuannya untuk menciptakan pelangi yang indah untuk anak-anaknya :)

Terimakasih Tuhan Yesus :)


1 comment:

  1. Sungguh luar biasa sekali pengalamannya. Sangat menginspirasi kita untuk tetap percaya bahwa Rancangan-Nya melebihi apa yang kita pikirkan..Terima kasih Evillya buat sering yang begitu amazing!! God bless

    ReplyDelete